Silahkan berkomentar mengenai blog ini atau artikel yang terdapat dalam blog ini. Mohon komentar dengan bahasa yang baik dan benar, serta tiduk menyinggung SARA. trims :)
Mohon maaf juga jika rancangan blog saya ini terlalu Narsis.

My Twitter : @horta_boy_z
gravatar

Shrimp Tempura Roll Sushi


Bahan:
-    Beras Jepang 150gr
-    Nori 1 lembar
-    Udang goreng tepung tempura 3 biji
-    Kyuri/Timun Jepang secukupnya
-    Crab stick setengah batang, dibagi jadi 2 bagian
-    Mayonaise plain
-    Shoyu secukupnya
-    Wasabi secukupnya
Cara membuat:
1.    Masak beras jepang untuk nasi Sushi . Setelah masak dinginkan.
2.    Potong lembaran nori menjadi dua bagian. Ambil setengah lembar nori, kemudian Isi lembaran nori dengan nasi sushi yang sudah didinginkan di bagian yang kasar kira-kira setebal setengah ruas jari.
3.    Ratakan nasi pada seluruh permukaan nori. Setelah seluruh bagian nori yang  kasar rata dengan nasi, balik nori sehingga bagian halusnya sekarang yang berada di atas
4.    Letakkan isian sushi kurang lebih dua ruas jari dari tepi nori.  Tata dengan rapi secara melebar mulai dari 3 biji udang (biarkan sedikit buntut udang keluar dari ujang nori)
5.    Selanjutnya letakkan sedikit irisan kyuri, kemudian letakkan crab stick. Lalu beri mayonnaise di permukaan isian Sushi.
6.    Kemudian tutup isian dengan cara menggulung dengan sedikit ditekan menggunakan penggulung sushi.
7.    Pastikan semua isi sushi berada di dalam gulungan dan bentuk akhir gulungan rapi.
8.    Setelah selesai, potong menjadi delapan bagian dengan pisau yang basah. Pastikan pisau yang digunakan tajam
9.    Hias sushi dengan toping mayonnaise atau saos sambal. Sajikan Sushi dengan shoyu dan wasabi.
Resep untuk 3 Porsi

Tips:
Saat membuat Sushi, usahakan menggunakan Beras Jepang. Pasalnya Beras Jepang (Japonica) mengandung kadar amilosa sekitar 12-15 persen sehingga nasinya lebih lengket daripada nasi yang dikonsumsi masyarakat Indonesia, yang kadar amilosanya sekitar 20 persen. Beras Jepang sendiri sudah bisa didapatkan di supermarket atau hipermarket dengan berat bervariasi.

Info:
Shoyu adalah sejenis kecap yang berasal dari Jepang yang rasanya netral. Kecap ini cair bentuknya, warnanya cokelat kehitaman, tidak seencer kecap asin tetapi juga tidak sekental kecap manis. Kecap dengan rasa alami kedelai ini banyak dijual dalam kemasan botol.
Wasabi merupakan salah satu penyedap masakan Jepang, di antaranya untuk Sushi. Rasanya tajam menyengat hingga ke hidung seperti mustar, tetapi bukan pedas di lidah seperti cabe. Rasa tajam menyengat hingga keluar air mata merupakan kenikmatan tersendiri bagi penikmat wasabi. Anak-anak yang belum terbiasa, biasanya memakan sushi yang tidak diberi wasabi (bahasa Jepang: sabinuki). Wasabi ada yang berbentuk bubuk, dan ada juga yang berbentuk pasta.
(@Malang Pos)

Entri Populer

Ada kesalahan di dalam gadget ini