Silahkan berkomentar mengenai blog ini atau artikel yang terdapat dalam blog ini. Mohon komentar dengan bahasa yang baik dan benar, serta tiduk menyinggung SARA. trims :)
Mohon maaf juga jika rancangan blog saya ini terlalu Narsis.

My Twitter : @horta_boy_z
gravatar

Vanuatu, Negara di Tengah Samudera Pasifik

  Vanuatu, ini adalah negara kecil dan terpencil. Lokasinya adalah sekitar 1750 kilometer di sebelah timur Australia. Sebuah kepulauan kecil di Samudera Pasifik. Benar-benar kecil, karena penduduknya hanya sekitar seperempat juta. Hanya sebuah titik di hamparan luas samudera. Secara politik pun negeri ini sangat-sangat muda. Negeri yang terdiri dari 6 propinsi ini baru merdeka dari Inggris dan Prancis pada tahun 1980. Tiga puluh lima tahun lebih muda dari Indonesia.
  Apa yang menarik tentang negeri ini? Tidak lain adalah tentang karakter pendiam bangsa Vanuatu. Bangsa ini tidak suka ngomong besar. Prestasi ekonomi bangsa ini bila diukur dengan GDP ternyata berada di atas negara kita, Indonesia. Menurut IMF yang dikutip Wikipedia, Vanuatu memiliki GDP nominal perkapita sebesar USD 2.301. Angka ini berada di atas Indonesia yang sebesar USD 2.224. GDP adalah total nilai barang dan jasa yang diroduksi oleh seluruh orang yang ada di sebuah negara. Nilai GDP perkapita dihitung dari nilai GDP dibagi seluruh jumlah penduduk negara tersebut. Dengan demikian, secara sederhana GDP bisa dipahami sebagai pendapatan rata-rata tahunan dari penduduk sebuah negeri. Jadi, pendapatan rata-rata orang Indonesia kalah dengan Vanuatu.
  Mengapa kalah? Ada banyak jawaban. Di negeri ini, apa-apa yang dibicarakan berbeda dengan apa-apa yang dikerjakan. Suka berkata atau menulis laporan palsu. Inilah penyebab korupsi. Penyebab buruknya prestasi ekonomi.
(dari berbagai sumber)

Ini gambar-gambar dari negara Vanuatu











Entri Populer

Ada kesalahan di dalam gadget ini