Silahkan berkomentar mengenai blog ini atau artikel yang terdapat dalam blog ini. Mohon komentar dengan bahasa yang baik dan benar, serta tiduk menyinggung SARA. trims :)
Mohon maaf juga jika rancangan blog saya ini terlalu Narsis.

My Twitter : @horta_boy_z
gravatar

Plain of Jars - Sudah Tahu Belum?

  
  Plain of Jars adalah sebuah lanskap arkeologi megalitik di Laos Tersebar di lansekap dari dataran tinggi Khouang Xieng, Laos. Plain of Jars merupakan kumpulan ribuan botol megalitik. Batu-batu ini muncul dalam kelompok, mulai dari satu atau beberapa beberapa ratus guci di kaki bukit yang lebih rendah sekitar dataran pusat dan lembah dataran tinggi.
 
  Dataran tinggiXieng Khouang  terletak di ujung utara dari Cordillera Annamese , pegunungan utama Indocina. Penelitian awal dari Dataran Jars di awal 1930-an menyatakan bahwa guci batu yang berhubungan dengan praktek penguburan prasejarah. Penggalian oleh Pemerintah Laos dan arkeolog Jepang di tahun-tahun 1930-an telah mendukung interpretasi dengan penemuan jenazah manusia, barang penguburan dan keramik sekitar guci batu. Dataran Jars dibangun pada Zaman Besi (500 SM sampai 500 CE) dan merupakan salah satu situs yang paling menarik dan penting untuk mempelajari prasejarah Asia Tenggara. Dataran Jars memiliki potensi untuk menjelaskan hubungan antara masyarakat yang semakin kompleks dan struktur megalitik dan memberikan wawasan tentang organisasi sosial masyarakat  Asia Tenggarapada saat zaman besi. Untuk mengunjungi situs ini kita harus ke daerah Phonsavan di negara Laos.

Situs jar

   Lebih dari 90 situs yang dikenal dalam provinsi Xieng Khouang. Setiap situs berkisar dari 1 sampai 400 guci batu. Guci-guci (jars) tersebut berbeda dalam tinggi dan diameter antara 1 dan 3 meter dan semuanya tanpa terkecuali dipahat dari batu.  Guci-guci batu tersebut diletakkan begitu saja dengan pengecualian stoples tunggal pada Situs 1. Guci ini memiliki ornamen manusia diukir di eksterior. Kesejajaran antara 'manusia katak' di Situs 1 dan lukisan batu di Huashan di Guanxi, China telah ditarik. Lukisan-lukisan yang menggambarkan manusia yang kuat dan besar dengan mengangkat tangan dan lutut ditekuk, adalah tanggal untuk 500 SM - 200 CE.

   Dari fakta tersebut diketahui bahwa sebagian besar botol memiliki bibir, atau pinggiran yang dianggap bahwa semua guci batu memiliki penutup, meskipun tutup beberapa batu telah diamankan, namun banyak juga yang hilang. Ini dapat menunjukkan bahwa sebagian besar tutup telah dibuat dari bahan tahan lama. Ttutup Batu dengan representasi hewan telah terlihat pada beberapa situs seperti Ban Phakeo (Site 52). Hewan-hewan relief yang dipahat di guci tersebut antara lain monyet, harimau dan katak.
Tetapi kini tutup-tutup terebut hilang dan tidak dapat ditemukan sampai sekarang. 

Legenda dan sejarah lokal

  Menurut cerita rakyat, dahulu kala di Laos pernah tinggal ras raksasa. Legenda tersebut juga mengatakan bahwa saat raja yang bernama Khun Cheung berkuasa, ia membangun guci-guci terebut sebagai wadah minuman anggur yang disuling dari beras. Beberapa tradisi lokal menyebutkan kalau guci-guci tersebut dibentuk dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti tanah liat, pasir, gula dan bahan-bahan yang diperoleh dari binatang sekitar. 

(Sumber : NatGeo dan Wikipedia)

Entri Populer