Silahkan berkomentar mengenai blog ini atau artikel yang terdapat dalam blog ini. Mohon komentar dengan bahasa yang baik dan benar, serta tiduk menyinggung SARA. trims :)
Mohon maaf juga jika rancangan blog saya ini terlalu Narsis.

My Twitter : @horta_boy_z
gravatar

Udang Bakar Jimbaran



Bahan:
Udang Windu Size 25        200 gram
Bawang Merah        3 siung
Bawang Putih            1 siung
Cabe Merah            3 biji
Saus Plum            2 sdm
Madu                1 sdm
Garam dan Gula        Secukupnya
Jeruk Nipis            1 buah

Cara Membuat:
1.    Cuci bersih udang windu lalu belah menjadi dua bagian melintang. Untuk menghilangkan bau anyir dan menjaga kesegaran, kecruti udang windu dengan jeruk nipis. Sisihkan.
2.    Haluskan bumbu, yakni bawang merah, bawang putih dan cabe merah. Lalu tambahkan garam dan gula. Tumis bumbu hingga harum.
3.    Setelah bumbu matang dan berbau harum, campurkan saus plum dan madu ditambah dengan garam dan gula. Aduk hingga rata.
4.    Siapkan bakaran, tata udang windu dalam pemanggang. Olesi kedua sisi udang windu dengan bumbu  olesan sembari dibakar. Bolak-balik hingga udang berwarna kemerahan (matang) dan tercium aroma lezat. Setelah itu angkat.
5.    Sajikan Udang Bakar Jimbaran dengan nasi putih hangat, sambal mata Bali dan plecing kangkung.

Tips:
·    Udang windu dengan size 25 maksudnya adalah 1 kg berisi 25 ekor. Ukuran ini tergolong medium dan paling pas untuk dimasak dengan cara dibakar.
·    Saus plum pada resep ini bisa didapatkan di supermarket.
·    Memasak udang dengan cara dibakar tidak perlu terlalu lama. Selain cepat matang, jika udang terlalu lama dibakar maka akan membuat dagingnya menjadi keras.
(@Malang Pos)

Entri Populer

Ada kesalahan di dalam gadget ini