Silahkan berkomentar mengenai blog ini atau artikel yang terdapat dalam blog ini. Mohon komentar dengan bahasa yang baik dan benar, serta tiduk menyinggung SARA. trims :)
Mohon maaf juga jika rancangan blog saya ini terlalu Narsis.

My Twitter : @horta_boy_z
gravatar

Kenapa Kita Sering Kram ???

   Kram sering dirasakan hampir semua orang baik pada saat olahraga, melakukan aktivitas, ataupun pada saat menstruasi. Kram bisa terjadi tiba-tiba dan mendadak yang tidak bisa kita tebak. Kenapa bisa begitu ?
   Pada saat kita merasakan kram, bagian tubuh tiba-tiba akan merasakan nyeri yang hebat, sulit untuk digerakkan, dan otot menjadi tegang. Kram dapat terjadi jika tubuh terlalu dingin, aktivitas yang terlalu berat tanpa melakukan peregangan otot terlebih dahulu, atau karena kekurangan kalsium. Kram bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada orang yang sehat dan kuat sekalipun. Kram merupakan kontraksi otot yang memendek atau kontraksi sekumpulan otot yang mendadak sehingga menimbulkan nyeri.
  Kram juga bisa disebabkan karena kekurangan beberapa vitamin juga bisa menyebabkan kram. Seperti vitamin B1, B5 dan B6. Bbeberapa kram melibatkan serentak kontraksi otot yang biasanya bergerak di bagian tubuh yang berlawanan arah. Kram juga bisa terjadi jika aliran darah ke otot yang terkena itu berkurang. Selain itu kram juga bisa disebabkan oleh tidak cukup minum cairan sehingga tubuh kekurangan air (dehidrasi), memakai pakaian yang terlalu ketat sehingga menghambat aliran darah, memakai sepatu yang salah atau tidak menggunakan sepatu saat melakukan aktivitas tertentu.
  Ibu hamil pun juga bisa terserang kram. Ibu hamil cenderung mengalami kram pada saat tidur. Ini dimungkinkan karena bayi di dalam kandungan mengambil sebagian besar gizi ibu, sehingga meninggalkan sedikit gizi untuk sang ibu.
  Secara karakteristik, kram pasti disertai rasa sakit. Biasanya penderita harus menghentikan akitivitas apapun dan mencari bantuan. Kram yang sangat parah mungkin terkait dengan rasa nyeri yang disertai dengan pembengkakan, dan secara tersirat otot akan menjadi besar dan akan berasa kuat.

Kram dapat dicegah dengan cara :
  • Melakukan peregangan setiap anda ingin melakukan aktivitas yang berat atau setiap malam.
  • Latihan rutin untuk membantu sirkulasi dalam tubuh.
  • Minum minimal delapan gelas air dalam sehari, sehingga tubuh tidak kekurangan air.
  • Makan makanan yang kaya akan kalsium dan kalium, seperti pisang, jeruk, kentang, dan sayuran.
  • Bagi wanita, memakai stocking yang elastis untuk mempertahankan kaki tetap hangat.
Jika kita terkena kram, maka hal yang perlu dilakukan adalah :
  • Merendam bagian tubuh yang kram di air hangat.
  • Jika kaki yang kram, cobalah untuk berdiri dan berjalan dengan perlahan-lahan.


  Dari sini kita dapat mengetahui apa itu kram, penyebab, pencegahan dan penanganannya.
(diambil dari berbagai sumber)

Entri Populer

Ada kesalahan di dalam gadget ini